Jumat, 08 April 2011

1.POP3 dan Web Based Email

jelaskan apa yang dimaksud dengan POP3 dan Web Based Email

POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik(email) dari server email.
Protokol ini erat hubungannya dengan protokol SMTPdimana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim keserver.
ProtokolPOP3 dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat eletronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran server surat elektronik ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima surat elektronik yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.

Para Webmail panjang (atau Web-based e-mail) digunakan untuk menggambarkan dua hal. One use of the word is to describe a Webmail client : an email client implemented as a web application accessed via a web browser . Salah satu penggunaan kata tersebut untuk menggambarkan klien Webmail: sebuah klien email diimplementasikan sebagai aplikasi web diakses melalui web browser . This article focuses in this use of the term. Artikel ini berfokus pada penggunaan istilah. The other use of the word is to describe an email service offered through a web site (a webmail provider ) such as Hotmail , Yahoo! Penggunaan lain dari kata tersebut untuk menggambarkan sebuah layanan email yang ditawarkan melalui situs web (a penyedia webmail ) seperti Hotmail , Yahoo Mail , Gmail , and AOL Mail ;. [ 1 ] Practically every webmail provider offers email access using a webmail client, and many of them also offer email access by a desktop email client using standard email protocols, while many internet service providers provide a webmail client as part of the email service included in their internet service package. Mail , Gmail , dan AOL Mail ;.Hampir setiap penyedia webmail menawarkan akses email menggunakan klien webmail, dan banyak dari mereka juga menawarkan akses email dengan desktop klien email menggunakan email protokol standar, sementara banyak penyedia layanan internet yang menyediakan wehttp://www.blogger.com/post-create.g?blogID=557180566090944231bmail klien sebagai bagian dari layanan email termasuk dalam paket layanan internet mereka. As with any web application, webmail's main advantage over the use of a desktop email client is the ability to send and receive email wherever there's a web browser . Seperti halnya aplikasi web, utama keunggulan's webmail atas penggunaan desktop klien email adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima email di mana pun ada web browser . Its main disadvantage is the need to be connected to the internet while using it (Gmail offers offline use of its webmail client through the installation of Gears.. Kerugian utamanya adalah harus terhubung ke internet saat menggunakannya (Gmail menawarkan penggunaan offline klien webmail melalui instalasi Gears . 


2. Sebutkan perbedaan dari POP3 dan Web Based Email?
A. WEB BASED E-MAIL

Web based e-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut.

Protokol yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http (hypertext transfer protocol)

Akses e-mail menggunakan browser internet seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera dan lain-lain.

Kelebihan :

* Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
* Tidak memerlukan mail client karena dapat berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs web.
* Lebih cepat dan handal.

Kekurangan :

* Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus.
* E-mail sulit diarsipkan, karena tersimpan di server penyedia layanan e-mail.
* Jika server mengalami masalah, ada kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail dapat hilang begitu saja.

Kapasitas :
Besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia layanan e-mail tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar